—SINTA memfasilitasi pengukuran dan peningkatan kualitas jurnal ilmiah Indonesia serta memperkuat posisi penelitian Indonesia di tingkat internasional.

SINTA (Science and Technology Index) adalah sistem akreditasi jurnal ilmiah di Indonesia yang dikembangkan oleh Kemenristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi). Ada beberapa persyaratan umum yang perlu diikuti jika seseorang ingin mengakreditasi jurnal di SINTA:

  1. Memastikan Kelayakan Jurnal

Pastikan jurnal memenuhi persyaratan dasar yang ditetapkan oleh SINTA, seperti memiliki ISSN (International Standard Serial Number) yang valid, memiliki Dewan Editor yang kompeten, dan menerbitkan konten ilmiah berkualitas.

  1. Memastikan Jurnal Terbit Secara Berkala

Jurnal harus terbit secara berkala dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Terbitan berkala umumnya harus memiliki nomor-nomor volume dan terbitan yang konsisten.

  1. Menyiapkan Dokumen

Siapkan berbagai dokumen untuk diajukan bersama aplikasi akreditasi, seperti;

  1. Mengisi Aplikasi Akreditasi

Kemenristekdikti biasanya membuka periode aplikasi akreditasi secara berkala. Anda perlu mengunjungi situs web resmi Kemenristekdikti atau portal SINTA untuk mengakses formulir aplikasi dan mengisi semua informasi yang diperlukan secara lengkap dan akurat.

  1. Memenuhi Kriteria Akreditasi

Pastikan jurnal Anda memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Kemenristekdikti. Kriteria ini bisa mencakup faktor seperti frekuensi terbitan, jumlah artikel per terbitan, standar peer review, keragaman penulis, dan lain-lain. Pastikan Anda telah memeriksa panduan resmi yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti untuk memastikan jurnal Anda sesuai dengan persyaratan.

  1. Mengikuti Proses Evaluasi

Setelah mengajukan aplikasi, jurnal Anda akan dievaluasi oleh tim yang ditunjuk oleh Kemenristekdikti. Evaluasi ini mencakup penilaian terhadap kualitas jurnal, proses peer review, etika penelitian, dan lain-lain.

  1. Menunggu Hasil Evaluasi

Anda harus menunggu hasil evaluasi dari Kemenristekdikti yang kemungkinan butuh waktu beberapa bulan.

  1. Melakukan Perbaikan Jika Diperlukan

Jika jurnal Anda tidak memenuhi kriteria atau ada kekeliruan, Anda akan diminta untuk melakukan perbaikan dan mengajukan ulang aplikasi.

  1. Memantau Status Akreditasi

Setelah jurnal mendapat akreditasi, Anda perlu memantau statusnya secara berkala. Akreditasi jurnal dapat berakhir atau diperbarui setelah periode tertentu.

  1. Memahami Manfaat Akreditasi

Memiliki jurnal yang diakreditasi oleh SINTA dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan reputasi jurnal, meningkatkan visibilitas, dan mendapatkan dukungan finansial.

  1. Pantau Informasi Terbaru 

Prosedur akreditasi dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai kebijakan Kemenristekdikti atau SINTA.

Setelah memahami persyaratan umum yang tertera, berikut merupakan langkah-langkah untuk mendaftarkan jurnal melalui website SINTA:

  1. Buka browser dan masukan URL http://SINTA2.ristekdikti.go.id/author atau melalui menu Registration pada halaman http://SINTA2.ristekdikti.go.id/
  2. Pendaftar harus memilih salah satu dari dua status, yaitu Lecturer atau Researcher
  3. Bagi Lecturer isikan dengan NIDN/NIDK atau Researcher isikan dengan NIP/NIK
  4. Ketika memasukan NIDN/NIDK, pilihlah data yang muncul pada autocomplete
  5. Lanjutkan dengan memilih dari data yang muncul pada autocomplete dalam kolom Affiliation
  6. Lengkapi seluruh data, terutama yang memiliki tanda (*) atau required
  7. Pada isian Google Scholar URL hanya diperlukan copy dan paste URL Profil Google Scholar. Format Google Scholar URL (https://scholar.google.co.id/citations?user)
  8. Foto profil Google Scholar akan otomatis ditampilkan oleh sistem apabila ID telah valid
  9. Jika Google Scholar ID tidak valid maka registrasi tidak dapat dilanjutkan
  10. Klik tombol Register untuk memproses data. Apabila field bertanda required (*) belum diisi, maka otomatis akan muncul pop up dan field akan berubah menjadi warna biru
  11. Lengkapi data hingga mendapat notifikasi Registration Success
  12. Tautan aktivasi akun SINTA akan dikirimkan kepada e-mail pendaftar

Tautan aktivasi hanya berlaku selama 24 jam, jika melewati tenggat maka pendaftar harus melakukan registrasi ulang dari awal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *