—Pentingnya nilai akreditasi sebagai tolak ukur dan acuan dalam peningkatan kualitas jurnal ilmiah nasional.

SINTA (Science and Technology Index) merupakan sebuah website ilmiah yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek. Pada 30 Desember 2017, website SINTA secara resmi diluncurkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti), sehingga dapat diakses secara daring oleh seluruh masyarakat Indonesia melalui pranala https://SINTA.kemdikbud.go.id/journals.

SINTA akan memberikan indeks nilai terhadap setiap jurnal nasional yang telah terakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Jurnal Ilmiah (LAJI) sesuai standar akreditasi dan jumlah sitasi.

SINTA dibuat dalam rangka memudahkan kegiatan pendataan dan pemetaan terhadap publikasi ilmiah yang dilakukan oleh para akademisi maupun peneliti tanah air. Dengan demikian, SINTA mampu menjadi acuan bagi kontributor dari seluruh perguruan tinggi Indonesia untuk berlomba meningkatkan mutu publikasi.

SINTA memiliki beberapa tingkatan berdasar peringkat akreditasi jurnal terkait, yaitu SINTA 1, 2, 3, 4, 5 dan 6.  SINTA 1 menunjukan tingkatan yang paling tinggi, sedangkan SINTA 6 merupakan tingkatan paling rendah.

Namun, tidak semua jurnal bisa memperoleh indeks SINTA. Agar dapat terakreditasi oleh LAJI dan terdaftar pada Jurnal SINTA, sebuah jurnal ilmiah harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya; 

Melihat seberapa krusial agenda mempertahankan dan meningkatkan standar kualitas jurnal ilmiah di Indonesia, civitas akademik diharapkan dapat semakin memperhatikan sistematika penulisan ketika mempublikasikan hasil penelitian mereka.

LSPR sendiri telah menerbitkan tiga jurnal yang terakreditasi SINTA, yaitu Communicare: Journal of Communication Studies, Commentate: Journal of Communication Management, dan Journal of Servite.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *